5 Pelatih Liverpool Terbaik Sepanjang Masa - Ada Orang Jerman Juga

5 Pelatih Liverpool Terbaik Sepanjang Masa - Ada Orang Jerman Juga. Mereka telah menorehkan tinta emas

5 Pelatih Liverpool Terbaik Sepanjang Masa - Ada Orang Jerman Juga
5 Pelatih Liverpool Terbaik Sepanjang Masa - Ada Orang Jerman Juga (Twitter)

KAMPUSBOLA - 5 Pelatih Liverpool Terbaik Sepanjang Masa - Ada Orang Jerman Juga. Mereka telah menorehkan tinta emas dalam membawa The Reds berjaya di Inggris dan Eropa.

The Reds adalah salah satu klub raksasa Inggris. Klub tersebut bahkan adalah yang terbesar bersama dengan Manchester United di negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Dalam perjalanan sejarah klub tersebut, mereka telah dilatih oleh orang-orang hebat. Meski tidak semua manajer yang menjadi pelatih Liverpool mampu membuat prestasi, tapi ada sejumlah manajer yang akan selalu dikenang oleh para penggemar sampai kapanpun.

Berikut 5 Pelatih Liverpool Terbaik Sepanjang Masa

Bill Shankly

5 Pelatih Liverpool Terbaik Sepanjang Masa - Ada Orang Jerman Juga (bolaskor.com)

Bill Shankly tidak diragukan lagi adalah pelatih Liverpool terhebat dalam sejarah. Pengaruhnya di klub membuka jalan bagi semua trofi yang mereka capai di kemudian hari. Namanya banyak disanjung oleh para fan sampai saat ini.

Shankly bergabung dengan Liverpool pada tahun 1959 ketika The Reds mengalami kemunduran, karena mereka berada di divisi dua dan memiliki infrastruktur yang sangat lemah.

Dia mengubah situasi, melepaskan beberapa pemain dan membuat perubahan yang tepat dalam segala hal. Selama revolusi, ia membentuk grup yang disebut 'The Boot Room' dengan rekan-rekannya Bob Paisley, Joe Fagan dan Reuben Bennett. 

Kebangkitan dimulai ketika Liverpool memenangkan Divisi Kedua pada tahun 1962 dan siap untuk sepak bola kasta atas. Mereka memenangkan Piala FA pada tahun 1965 dan diikuti dengan trofi kejuaraan liga musim berikutnya.

Hal-hal positif akhirnya mulai berada di tempat yang mereka harapkan. Shankly saat itu mulai merekrut berbagai pemain berbakat seperti Kevin Keegan, Ray Clemence dll yang memulai warisan baru di klub. Liverpool secara mengejutkan memenangkan trofi Piala UEFA pada tahun 1973. 

Era Shankly sangat bersejarah sehingga ia memimpin mereka untuk meraih gelar Piala FA pada hari terakhirnya menjabat sebagai pelatih.

Dia dianggap yang terbesar bukan hanya karena prestasinya, tetapi juga kerendahan hatinya. Dia berbagi ikatan yang hebat dengan para penggemar dan selalu menghargai mereka di atas segalanya. Filosofinya yang membuat Liverpool menjadi salah satu klub paling sukses di Inggris dan Eropa.

Bob Paisley

5 Pelatih Liverpool Terbaik Sepanjang Masa - Ada Orang Jerman Juga (Twitter)

Paisley adalah salah satu alasan utama dominasi Liverpool di tahun 1970-an dan 80-an. Paisley bergabung dengan klub pada tahun 1959 sebagai staf di belakang meja. Dia harus menunggu hingga tahun 1973 untuk mengambil posisi Bill Shankly di klub sebagai penggantinya. 

Tekanan pada Paisley sangat besar karena dia harus memikul warisan pendahulunya dan dia melakukan pekerjaan itu dengan percaya diri.

Dia melatih selama sembilan tahun dan memenangkan medali dalam delapan tahun, memenangkan total 20 piala selama masa jabatannya. 

Dia juga bertanggung jawab untuk membentuk kemitraan yang hebat antara Kenny Dalglish dan Ian Rush dan juga membawa legenda seperti Graeme Souness dan Ronnie Whelan ke Anfield, menjadikan Liverpool tim yang harus diperhitungkan saat itu.

Tiga trofi Liga Champions Eropa pertama yang dimenangkan The Reds berada di bawah kepelatihannya, dan bahkan setelah ia meninggalkan jabatan sebagai pelatih Liverpool, ia terlibat dalam manajemen hingga jatuh sakit parah pada tahun 1992.

Jurgen Klopp

5 Pelatih Liverpool Terbaik Sepanjang Masa - Ada Orang Jerman Juga (premierleague.com)

Ia merupakan seorang ahli taktik asal Jerman yang datang ke Anfield dengan visi untuk mencapai level tinggi. Jurgen Klopp bergabung dengan Liverpool FC pada 2015 setelah mematahkan dominasi Bayern di Bundesliga bersama Borussia Dortmund. 

Meskipun tahun terakhirnya di BVB tidak bagus, penggemar Liverpool FC menunjukkan kepercayaan padanya.

The Reds terpuruk di Liga Premier Inggris pada musim 2015-16, tetapi Klopp memimpin anak asuhnya di kompetisi Liga Eropa di mana mereka bangkit dari defisit 1-3 untuk mengalahkan Borussia Dortmund di perempat final. 

Mereka mengalahkan Villarreal di semi-final, tetapi menyerah di hadapan Sevilla pada partai final. Namun di musim itu Jurgen Klopp sudah mulai terlihat sebagai pelatih Liverpool yang hebat.

Klopp mengambil filosofi gegenpressing dan juga mampu memaksimalkan potensi terbaik yang dimilikinya. Timnya mulai membuat keajaiban dengan pemain seperti Andrew Robertson dan Trent Alexander-Arnold yang mulai menunjukkan kemampuannya saat Liverpool FC melaju ke final Liga Champions pertama mereka sejak 2007.

Kenny Dalglish

5 Pelatih Liverpool Terbaik Sepanjang Masa - Ada Orang Jerman Juga (sada el balad)

Dalam masa jabatan pertamanya sebagai manajer, ia sangat sukses saat Liverpool FC menjadi tim adidaya yang nyata di Inggris, memenangkan liga tiga kali dan finis di posisi kedua sebanyak 2 kali. 

Liverpool di bawah rezim Dalglish sangat disayangkan tidak bermain di Eropa karena mendapat sanksi setelah bencana Heysel.

Periode keduanya tidak sesukses yang pertama, tetapi dia memutuskan untuk campur tangan selama fase sulit ketika manajemen memecat Roy Hodgson. 

Dia bagaikan nahkoda yang berusaha menyelamatkan kapal yang hampir karam di periode tersebut.

Selain itu ia juga memenangkan Piala Liga Inggris pada musim 2011-12, tetapi manajemen tidak percaya padanya untuk menangani tim di musim berikutnya. Hal yang menyebabkan dia dipecat di akhir musim. Namun hal itu tidak mencederai penobatannya sebagai pelatih Liverpool yang hebat.

Joe Fagan

5 Pelatih Liverpool Terbaik Sepanjang Masa - Ada Orang Jerman Juga (independent.ie)

Joe Fagan bergabung dengan klub Merseysiders itu pada tahun 1958 sebagai pelatih tim cadangan. Ia dipercaya sepenuhnya oleh manajemen Liverpool FC dan menjabat hingga tahun 1971 sebelum pindah ke tim utama di bawah bimbingan Bill Shankly. 

Dia kemudian juga menjadi asisten Bob Paisley, dan akhirnya menjadi pelatih Liverpool untuk tim utama pada tahun 1983 setelah kepergian Paisley.

Fagan adalah pahlawan di klub, terutama karena dedikasinya untuk klub dalam jangka waktu yang lama, dan penggemar Liverpool FC mempercayainya untuk mendapatkan hasil positif. 

Karena hal tersebut, pelatih asal Inggris itu tidak mengecewakan. Waktunya di klub memungkinkan dia untuk memahami dinamika seluruh tim, yang dia manfaatkan untuk memaksimalkan potensi yang ada untuk mendominasi Inggris dan Eropa.

Keberhasilan tertingginya adalah memenangkan FA Cup dan Liga Champions pada tahun 1984. Fagan pensiun sesaat sebelum final Piala Eropa 1985 yang terkenal di mana Juventus menang atas The Reds, tetapi permainan itu terkenal dengan bencana Heysel yang mengerikan.

Itulah 5 pelatih Liverpool terbaik sepanjang masa yang perlu kamu tahu sebagai penggemar sepak bola. Adakah idolamu?