VAR: Apakah penalti Kane untuk Inggris keputusan yang benar?

EURO 2024

Kami menganalisis setiap keputusan VAR yang dibuat di seluruh 51 pertandingan di Euro 2024. Pada hari Rabu, Inggris mendapat hadiah penalti saat melawan Belanda karena pelanggaran Denzel Dumfries terhadap Harry Kane. Mengapa hadiah itu diberikan, dan apakah itu keputusan yang tepat?

Setelah setiap pertandingan, kami melihat insiden utama untuk memeriksa dan menjelaskan proses dalam hal protokol VAR dan hukum permainan.

Apa yang terjadi:

Inggris menyerang pada menit ke-14 dengan Harry Kane mencoba melepaskan tembakan dari bola pantul yang melambung di atas mistar gawang.

Ia ditangkap oleh bek Belanda Denzel Dumfries setelah melepaskan tembakan, dan terjatuh kesakitan. Wasit Felix Zwayer menunjuk tendangan gawang, tetapi setelah beberapa saat menjadi jelas bahwa VAR sedang memeriksa kemungkinan penalti.

Keputusan VAR: Penalti, dicetak oleh Kane.

Ulasan VAR: Ada hukum tidak tertulis dalam sepak bola yang menyatakan bahwa,

jika seorang pemain berhasil melepaskan tembakan ke gawang dan kemudian ditangkap oleh pemain bertahan,

seharusnya tidak ada penalti.

Jadi mengapa demikian? Terutama karena tim penyerang tidak boleh kehilangan apa pun karena pelanggaran tersebut, tembakan telah dilepaskan dan permainan selesai.

Kedengarannya aneh, karena sering kali dalam situasi ini kita akan berkata “tapi itu pelanggaran di tempat lain di lapangan.”

Tapi jangan salah,

ada hukum tidak tertulis lain yang menyatakan bahwa ambang batas penalti jauh lebih tinggi,

jika tendangan ke gawang dilakukan dibandingkan tendangan bebas di area yang tidak berbahaya.

Jadi, bagaimana Inggris mendapatkan penalti dalam situasi ini?

Ini adalah intervensi yang sangat keras oleh VAR, Bastian Dankert. Ini adalah pertandingan kesembilannya di turnamen ini, jauh lebih banyak daripada asisten video lainnya. Dia jelas telah mendapatkan reputasi di UEFA sebagai VAR yang paling tepercaya sepanjang turnamen.

Jadi, mengapa Dankert menyarankan penalti? Ia menganggap pelanggaran Dumfries, yang menggunakan sepatu hak tinggi sebagai lawan dari upaya menendang bola,

sebagai tindakan yang sembrono — itulah sebabnya pemain Belanda itu mendapat kartu kuning.

Dan itu adalah satu-satunya area di mana seorang bek yang menangkap penyerang setelah melepaskan tembakan,

dapat dianggap sebagai penalti — jika itu sembrono atau berbahaya.

Dapatkah Anda melihat mengapa ini bisa menjadi penalti? Ya. Apakah ini mencapai ambang batas tinggi UEFA untuk kesalahan yang jelas dan nyata untuk intervensi VAR? Tidak. Anda hanya dapat berpikir reaksi Kane, yang kesakitan, meyakinkan VAR.

Dan dalam kompetisi UEFA Anda hampir tidak akan pernah melihat intervensi VAR ditolak di monitor oleh wasit.

By user2

Related Post