4 Midfielders Chelsea Terbaik Sepanjang Masa - Ada Legenda Persib

4 Midfielders Chelsea Terbaik Sepanjang Masa - Ada Legenda Persib. Para pemain ini menjadi kunci lapangan tengah The Blues dalam menyerang

4 Midfielders Chelsea Terbaik Sepanjang Masa - Ada Legenda Persib
4 Midfielders Chelsea Terbaik Sepanjang Masa - Ada Legenda Persib (weaintgotnohistory.sbnation.com)

KAMPUSBOLA - 4 Midfielders Chelsea Terbaik Sepanjang Masa - Ada Legenda Persib. Para pemain ini menjadi kunci lapangan tengah The Blues dalam menyerang dan bertahan.

The Blues merupakan salah satu klub besar di Premier League. Mereka telah menorehkan sejarah dengan meraih berbagai trofi penting, baik kejuaraan domestik maupun internasional.

Hal itu tidak luput dari peran para pemain tengah mereka yang sangat kuat. Berikut akan kami sajikan ulasan mengenai 4 midfielders Chelsea terbaik sepanjang masa.

Baca Juga Daftar Skuad Pemain Chelsea 2021/2022

4 Midfielders Chelsea Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah

Claude Makelele

4 Midfielders Chelsea Terbaik Sepanjang Masa - Ada Legenda Persib (football-espana.net)

Claude Makelele merupakan salah satu midfielders Chelsea terbaik sepanjang masa. Ia didatangkan pada musim panas 2003 seharga € 18,8 juta. Setelah itu, ia tak pernah absen di lini tengah klub asal London Barat tersebut.

Makelele menghabiskan lima musim di Chelsea setelah sebelumnya memperkuat Real Madrid. Ranieri menggambarkan Makelele sebagai "baterai" tim, dan dia melakukannya. Kalau istilah para komentator Indonesia, dia adalah ‘gelandang pengangkut air.

Makelele merevolusi peran gelandang bertahan di Liga Premier. Ia menjadi inspirasi para pemain yang bermain di posisinya.

Makelele sering melakukan backup untuk lini belakang Chelsea yang berfungsi sebagai foil defensif untuk rekan satu timnya yang lebih menyerang. Ia membiarkannya Frank Lampard untuk lebih sering masuk ke kotak penalti lawan.

Baca Juga 5 Momen Besar Dalam Rivalitas Panas Chelsea Vs Arsenal

Makelele sangat brilian dalam memotong alur permainan lawan, dan dalam melakukan tekel, sehi. Makelele memiliki permainan passing yang pendek dan efisien, yang memungkinkannya berfungsi dengan baik sebagai playmaker. 

Dia juga memiliki kekuatan yang luar biasa untuk perawakannya yang pendek. Ia tak segan untuk melakukan kontak fisik dengan banyak lawan di lini tengah. Mantan pemain tim nasional Prancis ini juga merupakan penggiring bola yang efisien.

Meskipun dia bukan yang tercepat atau terbaik untuk duel di udara, ia selalu berada di posisi yang tepat. 

Makelele memenangkan 2 gelar Liga Inggris dengan klub yang hampir selalu memainkannya di setiap pertandingan, dan merupakan pilar penting untuk Chelsea saat mereka melaju ke final Liga Champions 2008.

Michael Essien

4 Midfielders Chelsea Terbaik Sepanjang Masa - Ada Legenda Persib (answersafrica.com)

Pada tahun 2005, Essien pindah dari Lyon ke Chelsea dengan kesepakatan senilai 24,4 juta, membuat pemain Ghana tersebut menjadi pembelian termahal dalam sejarah Chelsea. 

Meski sering diturunkan di posisi bek kanan, posisi yang disukainya adalah di tengah. Dia adalah gelandang kuat yang tidak pernah menghindari tekel, hal itu pula yang membuatnya layak masuk daftar midfielders Chelsea terbaik sepanjang masa.

Essien memiliki stamina yang tak ada habisnya, memungkinkan dia untuk mendukung serangan dan pertahanan. Pemain bertubuh gempal ini memiliki kecepatan dan pendekatan fisik yang mumpuni. Selain itu, ia mampu mengontrol permainan dengan visi yang baik.

Selain dikenal sebagai midfielders Chelsea yang sangat rajin untuk membantu pertahanan, Essien juga merupakan pencetak gol yang brilian. Sang pemain mencetak beberapa gol yang mengesankan bagi The Blues lewat tendangan jarak jauh, termasuk golnya ketika melawan Arsenal dan Barcelona.

Baca Juga 7 Kapten Chelsea Paling Dikenang Sepanjang Sejarah

Dia memenangkan dua gelar Liga Premier dan 4 Piala FA untuk The Blues, di mana dia selalu menjadi pilar utama dalam starting line-up. 

Setelah memenangkan Liga Champions pada 2012, ia tidak pernah bermain untuk The Blues, menghabiskan sebagian besar musim 2012-2013 dan 2013-2014 dengan status pinjaman.

Dia tidak diturunkan di final Liga Champions Munich 2012, di mana Chelsea menjadi tim pertama asal kota London yang memenangkan trofi bergengsi antar klub Eropa tersebut.

Selain menjadi legenda untuk The Blues, Essien juga menjadi legenda Persib, setelah bermain di liga Indonesia. 

Frank Lampard

4 Midfielders Chelsea Terbaik Sepanjang Masa - Ada Legenda Persib (africatopsports.com)

Semua penggemar Premier League pasti sepakat, bahwa Frank Lampard adalah salah satu midfielders Chelsea terbaik. Ini tidak mengejutkan siapa pun. 

Frank Lampard tanpa diragukan lagi adalah gelandang terbaik yang pernah bermain untuk Chelsea FC. 

Sebelum menjadi midfielders Chelsea, Lampard menandatangani kontrak 11 juta dengan West Ham, dan dikenal sebagai gelandang box-to-box yang berbakat secara teknis. 

Dia membuat nama untuk dirinya sendiri sebagai pencetak gol produktif dari lini tengah, mencetak 211 gol, rekor terbaik untuk pencetak gol dalam sejarah Blues. 175 dari gol itu datang di Liga Premier, juga membuatnya menjadi gelandang yang mencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga.

Lampard juga memegang rekor mencetak gol melawan sebagian besar lawan di Liga Premier, mencetak gol ke gawang 39 tim yang berbeda.

Sebagai seorang midfielders, Lampard adalah salah satu dari tiga gelandang yang sering datang terlambat di area penalti untuk memotong bola. 

Jumlahnya secara bertahap meningkat musim demi musim, dilengkapi dengan ketahanan dan kemauan yang kuat, dia adalah pemain yang menjadi impian setiap manajer.

Pada tahun 2005, ia mencetak dua gol melawan Bolton, mengukuhkan Chelsea sebagai Juara Liga Premier. Ini adalah penghargaan besar pertama bagi Lampard, sekaligus gelar liga pertama Chelsea dalam 50 tahun.

Seiring dengan beberapa penghargaan individu, ia telah memenangkan Liga Premier 3 kali dalam 13 tahun, 4 Piala FA, Liga Champions dan Liga Europa. 

Dia pergi pada tahun 2014 untuk bergabung dengan MLS, di mana dia dipinjamkan ke klub mitra New York City. 

Lampard sempat setengah musim bermain untuk Manchester City. Dia mencetak gol penyama kedudukan yang sangat emosional saat Man City berhadapan dengan Chelsea di awal musim.

Dennis Wise

4 Midfielders Chelsea Terbaik Sepanjang Masa - Ada Legenda Persib (weaintgotnohistory.sbnation.com)

Dennis Wise dibeli dari Wimbledon pada tahun 1990 dengan rekor klub sebesar 1,6 juta. Dia tampil di 438 pertandingan. 

Selain itu, ia dinobatkan sebagai kapten paling berpengaruh dalam sejarah Chelsea, hal itu kemudian disusul oleh John Terry.

Wise memulai dengan gemilang sejak musim pertama bermain sebagai midfielders Chelsea, di mana sang pemain mencetak 13 gol di musim tersebut. Statusnya di klub secara bertahap meningkat, setelah itu ia ditunjuk menjadi kapten tim oleh manajer Glenn Hoddle pada tahun 1993. 

Musim 1994-95 terbukti menjadi periode yang sulit baginya secara pribadi setelah dia dikeluarkan pada awal musim karena tuduhan pelecehan, dia juga didakwa 3 bulan penjara karena menyerang seorang sopir taksi di London. 

Hukuman penjara dibatalkan, tetapi dia dicopot dari jabatan kapten untuk sementara waktu. Ini diikuti dengan absen yang lama karena mengalami cedera paha.

Trofi besar pertamanya sebagai kapten datang pada tahun 1997 ketika timnya, Chelsea mengalahkan Middlesbrough 2-0 di final Piala FA. 

Sukses berlanjut ketika timnya mengalahkan Middlesbrough lagi 2-0 di final Piala Liga musim berikutnya. Dia juga memainkan peran kunci dalam keberhasilan klub di final Piala Winners UEFA, menempatkan Gianfranco Zola di depan pemenang dengan umpan halus beberapa detik setelah dia muncul.

Dia juga membawa Chelsea ke final Piala Super untuk melawan Real Madrid pada musim berikutnya.

Claudio Ranieri menjual Wise pada tahun 2001 untuk menurunkan usia rata-rata skuad. Wise berada di peringkat ketujuh terbanyak untuk The Blues dalam sejarah mereka, serta mencetak 76 gol. Hal itu membuatnya layak masuk midfielders Chelsea terbaik sepanjang masa.

Itulah 4 midfielders Chelsea terbaik sepanjang masa pilihan KAMPUSBOLA, bagaimana dengan pilihan kamu?