5 Kiper Real Madrid Terbaik Sepanjang Masa - Yang Terakhir Tak Perlu Didebat

5 Kiper Real Madrid Terbaik Sepanjang Masa - Yang Terakhir Tak Perlu Didebat. Mereka telah membantu Los Blancos meraih berbagai trofi

May 16, 2022 - 17:37
May 17, 2022 - 20:32
 0  98
5 Kiper Real Madrid Terbaik Sepanjang Masa - Yang Terakhir Tak Perlu Didebat
5 Kiper Real Madrid Terbaik Sepanjang Masa - Yang Terakhir Tak Perlu Didebat (Pinterest)

KAMPUSBOLA - 5 Kiper Real Madrid Terbaik Sepanjang Masa - Yang Terakhir Tak Perlu Didebat. Mereka telah membantu Los Blancos meraih berbagai trofi, baik domestik maupun Eropa. 

Para pemain ini layak masuk daftar 5 kiper Real Madrid terbaik berdasarkan jumlah trofi yang diraih, rekor penyelamatan, jarang membuat blunder, mental juara, serta konsistensi, dan penghargaan individu.

Tentu saja daftar ini akan memunculkan perdebatan, karena banyak kiper Real Madrid lain yang tak kalah jago dalam melakukan penyelamatan gemilang. Namun kita sama-sama sepakat bahwa 5 penjaga gawang di bawah ini memang pantas dinobatkan sebagai salah satu yang terhebat di masanya. 

Berikut 5 Kiper Real Madrid Terbaik Sepanjang Masa Yang Perlu Kamu Ketahui

Keylor Navas

5 Kiper Real Madrid Terbaik Sepanjang Masa - Yang Terakhir Tak Perlu Didebat (pojoksatu.id)

Salah satu nama terbaru yang tampil gemilang di bawah mistar gawang sebagai kiper Real Madrid adalah Keylor Navas. 

Navas, pemain tim nasional Kosta Rika, didatangkan selama enam tahun di klub pada 2014 setelah tampil luar biasa di Piala Dunia, menggeser Iker Casillas di posisi penjaga gawang Los Blancos. 

Dia butuh waktu untuk bersinar sebagai kiper Real Madrid dan baru bisa mencapai puncaknya setelah pemain hebat Spanyol itu pergi ke Porto.

Navas mewarisi jersey No. 1 setelah kesepakatan pertukaran dengan pemain Manchester United David de Gea berantakan karena dokumen yang terlalu cepat. Begitu dia memakai jersey nomor 1, maka tidak ada satu pemain yang menggeser posisinya. 

Pemain Kosta Rika ini membuat berbagai rekor selama waktunya di Madrid, menjadi salah satu penjaga gawang terbaik di liga untuk musim yang dia mainkan.

Dia melampaui beberapa rekor, seperti menjadi satu-satunya penjaga gawang non-Spanyol yang bermain lebih dari 100 pertandingan LaLiga sebagai kiper Real Madrid, dan pemain Kosta Rika pertama dan satu-satunya yang meraih trofi UEFA Champions League. 

Dia memenangkan tiga gelar Liga Champions, satu Copa del Rey, empat Piala Dunia Antarklub FIFA, dan tiga Piala Super UEFA bersama Real Madrid sebelum pindah ke PSG pada 2019.

Dia ada dalam daftar ini karena penampilannya yang luar biasa yang membantu meraih tiga gelar Liga Champions untuk Real Madrid dalam 3 musim berturut-turut. 

Ada banyak contoh di mana tim mengandalkan Navas, final Liga Champions melawan Liverpool pada 2018 menjadi contoh. Sosoknya juga menjadi andalan PSG ketika ia hijrah ke Paris. Namun ia tetap dikenal sebagai salah satu kiper Real madrid terbaik.

Baca Juga Daftar Skuad Pemain Real Madrid CF 2021/2022

Miguel Angel

5 Kiper Real Madrid Terbaik Sepanjang Masa - Yang Terakhir Tak Perlu Didebat ( Pes Miti del Calcio)

Miguel Angel, juara liga dua belas kali dan juara Eropa dua kali, tetap menjadi salah satu legenda klub Los Blancos. Ia layak masuk jajaran kiper Real Madrid terbaik yang pernah ada.

Dia bermain untuk raksasa Spanyol itu selama hampir dua dekade. Menjadi penjaga gawang pilihan pertama, bahkan setelah Garcia Remon dan Augustin bergabung di klub, ada banyak pembicaraan tentang arti kehadirannya bagi timnya.

Dia memulai perjalanan menjadi olahragawan justru bukan sebagai pemain sepak bola. Ia awalnya adalah atlet olahraga bola tangan, dan kemudian beralih ke sepak bola. 

Dia bermain untuk Atletico Orense, dan direkrut oleh Los Blancos sebagai penjaga gawang cadangan Junquera.

Dari musim 1973-74, ia menjadi kiper pilihan pertama setelah membuktikan kemampuannya sebagai penjaga gawang saat Junquera cedera. Kelincahan dan ketepatan posisinya di depan gawang dikombinasikan dengan penyelamatannya di lapangan membuatnya mendapat julukan 'El Gato' atau 'kucing'.

Pada suatu hari Madrid merekrut Garcia Remon, yang didatangkan sebagai suksesor untuk Angel yang menua, tetapi ketika mereka bersama-sama di dalam satu klub, mereka membentuk kemitraan dan ditakuti oleh banyak klub sepak bola Spanyol sebagai pasangan penjaga gawang yang paling efektif.

12 gelar nasionalnya termasuk enam Liga, satu trofi liga dan enam Copa del Rey. Ia memenangkan trofi Ricardo Zamora yang diberikan kepada penjaga gawang terbaik LaLiga pada musim 1975-76, serta penghargaan Don Balon untuk pemain Spanyol terbaik pada tahun yang sama.

Baca Juga 6 Striker Real Madrid Terbaik Sepanjang Masa - Yang Terakhir Sulit Disaingi

Juan Alonso

5 Kiper Real Madrid Terbaik Sepanjang Masa - Yang Terakhir Tak Perlu Didebat (sefutbol.com)

Sering dikatakan bahwa Real Madrid adalah klub Eropa pertama yang bisa meraih 5 trofi Eropa. Dan salah satu sosok yang membantu mereka meraih kejuaraan paling bergengsi di benua biru tersebut adalah Juan Alonso. 

Juan Alonso merupakan nama yang wajib masuk daftar kiper Real Madrid terbaik sepanjang masa atas kontribusinya selama mengenakan jersey royal white.

Dia mendapatkan 2 caps untuk tim nasional sepak bola Spanyol. Sering dipanggil Juanito, Alonso memenangkan Trofi Ricardo Zamora sebagai penjaga gawang terbaik di liga selama musim 1954-55.

Dengan empat gelar liga dan lima kejuaraan Eropa, tidak salah jika Alonso menjadi salah satu sosok yang memulai kejayaan untuk El Real. Dia telah mempertahankan posisinya sebagai kiper utama selama 14 musim dan membuat 225 penampilan profesional untuk klub.

Seperti banyak penjaga gawang Basque lainnya, dia belajar menjadi kiper di pantai. Pada usia 18 tahun ia menandatangani kontrak dengan Logrones dan dari sana ia pindah ke Ferrol, di mana penampilannya yang bagus belum terendus oleh Real Madrid, yang kemudian baru mengontraknya pada tahun 1949. 

Meskipun penjaga gawang baru datang setiap musim untuk menjadi saingan, Juanito Alonso tidak pernah kehilangan tempatnya di bawah mistar gawang Madrid.

Dia bermain dengan para pesepakbola hebat, termasuk Alfredo Di Stefano dan Puskas. Karirnya berakhir ketika didera masalah tulang selangka misterius setelah 14 musim, dan meraih 18 gelar utama dengan klub.

Baca Juga 5 Midfielders Real Madrid Terbaik Sepanjang Masa - Nomor Satu Tak Tertandingi

Ricardo Zamora

5 Kiper Real Madrid Terbaik Sepanjang Masa - Yang Terakhir Tak Perlu Didebat (barcauniversal.com)

Ricardo Zamora, dijuluki El Divino, bermain sebagai kiper Real Madrid antara tahun 1930 dan 1936. Dia berasal dari Catalan dan bermain untuk Espanyol dan FC Barcelona sebelum pindah ke ibu kota. 

Ia dikenal mengenakan topi dan sweater putih berleher Polo saat berada di lapangan. Ia mengungkapkan bahwa hal itu melindunginya dari sinar matahari.

Dikenal karena sportivitas nya, refleks yang tajam dan penempatan posisi yang tepat di bawah mistar, ia terpilih sebagai penjaga gawang terbaik Spanyol pada tahun 1999, terbaik keempat di Eropa dan terbaik kelima di dunia. 

Ia pun berhasil masuk ke dalam daftar pemain terhebat abad kedua puluh yang disusun oleh Majalah World Football. Trofi untuk penjaga gawang terbaik di LaLiga dinamai menurut namanya, Ricardo Zamora Cup.

Zamora dengan cepat merasakan kesuksesan. Gelar liga pertamanya datang pada musim 1931-1932, yang mereka pertahankan hingga musim 33-34. 

Pada tahun 1934 Francisco Bru mengambil alih posisi pelatih. Ia memandu Zamora dan rekan-rekannya untuk meraih dua gelar Copa de Espana berturut-turut. Final tahun 1936 paling berkesan ketika 10 pemain tim Los Blancos mengalahkan Barca 2-1.

Zamora juga merupakan legenda nasional. Dia tetap menjadi pemain yang paling banyak dimainkan di zamannya sampai dia digantikan oleh Jose Angel Iribar. Bukanlah hal yang aneh jika sebuah trofi di LaLiga dinamai menurut namanya. Dia memang legenda di lapangan hijau, salah satu kiper Real Madrid terbaik yang pernah ada.

Iker Casillas

5 Kiper Real Madrid Terbaik Sepanjang Masa - Yang Terakhir Tak Perlu Didebat (Pinterest)

Iker Casillas atau San Iker tidak diragukan lagi adalah salah satu kiper Real Madrid terbaik yang pernah ada. 

Ketika kita berbicara tentang kiper Real Madrid, Casillas adalah nama pertama yang muncul di benak semua orang. 

Dikenal karena keterampilan menebak tendangan lawan yang luar biasa, dia adalah seseorang yang telah bermain di semua level Real Madrid, dimulai dengan tim junior.

Dia membuat lebih dari seribu penampilan profesional untuk Los Blancos, memimpin tim utama dan memegang rekor di Liga Champions dan untuk tim nasional Spanyol. Dia memenangkan Liga Champions untuk Real Madrid Castilla pada usia 19 dan menjadi kiper termuda yang memenangkan kompetisi.

Hal ini diikuti dengan promosi yang jelas ke tim senior dan sisanya seperti yang mereka katakan, adalah sejarah. Iker Casillas adalah kiper Spanyol yang paling lama bermain di tim nasional. 

Pemenang Piala Eropa 2008 itu telah memenangkan setiap gelar di level klub bersama Los Blancos. Ini termasuk lima gelar liga dan tiga Liga Champions UEFA di antara 18 gelar teratas atas namanya.

Sebuah legenda klub mutlak, ia meninggalkan warisan untuk Real Madrid ketika ia memutuskan untuk pindah ke Porto secara gratis pada tahun 2015. Ia digantikan oleh Keylor Navas yang sangat cakap dan itu memulai kesuksesan setelah Casillas pergi dari Real Madrid.

Dia berada di puncak daftar ini karena tidak ada nama yang lebih besar tentang kiper dalam seragam Royal White. Beberapa honorable mention yang gagal masuk daftar antara lain Thibaut Courtois, Santiago Canizares, Augustin, dan Francisco Buyo.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow