6 Kiper Manchester City Terbaik Sepanjang Masa - Ada Mantan Tentara NAZI

6 Kiper Manchester City Terbaik Sepanjang Masa - Ada Mantan Tentara NAZI. Para penjaga gawang itu memperkuat The Citizens di era yang berbeda-beda.

Apr 21, 2022 - 16:10
 0  317
6 Kiper Manchester City Terbaik Sepanjang Masa - Ada Mantan Tentara NAZI
6 Kiper Manchester City Terbaik Sepanjang Masa - Ada Mantan Tentara NAZI (eurosport.com)

6 Kiper Manchester City Terbaik Sepanjang Masa - Ada Mantan Tentara NAZI. Para penjaga gawang itu memperkuat The Citizens di era yang berbeda-beda.

Manchester City memang menjadi salah satu tim kuat di Eropa sejak diakuisisi oleh Syeikh Mansour. Di era baru tersebut mereka telah mendatangkan para pemain hebat, tak terkecuali di sektor penjaga gawang. Mereka tak pernah kehabisan kiper-kiper tangguh.

Namun jauh sebelumnya, mereka telah memiliki sejumlah legenda yang berposisi di bawah mistar gawang. Siapa sajakah para kiper itu?

Berikut 6 Kiper Manchester City Terbaik Sepanjang Masa

Joe Corrigan

6 Kiper Manchester City Terbaik Sepanjang Masa - Ada Mantan Tentara NAZI (Wikipedia)

Big Joe Corrigan bergabung sebagai kiper Manchester City pada awal Zaman Keemasan di Maine Road pada tahun 1966 sebagai seorang remaja dan membuat penampilan pertamanya untuk City pada tahun 1967, tetapi tidak menetap di tim sampai tahun 1969 dengan Harry Dowd sebagai penjaga gawang pilihan pertama. 

Corrigan adalah bagian dari tim yang memenangkan Piala Liga dan Piala Winners Eropa pada tahun 1970 dan juga Piala Liga pada tahun 1976.

Corrigan melakukan debutnya di Inggris pada tahun 1976 melawan Italia dan memenangkan 9 caps untuk Inggris. Sial bagi Corrigan, ia menghadapi persaingan ketat untuk mendapatkan posisi nomor satu Inggris dengan pemain seperti Ray Clemence dan Peter Shilton.

Corrigan membuat hampir 600 penampilan untuk City, termasuk final Piala FA 1981, di mana ia dinobatkan sebagai pemain terbaik di pertandingan itu dan memenangkan Pemain Terbaik Tahun tersebut sebanyak tiga kali. 

Corrigan menghabiskan 16 tahun di Maine Road sebelum pindah ke Seattle Sounders seharga £30.000 dan dikenang sebagai salah satu kiper terhebat yang pernah bermain untuk the Citizens. Ia adalah salah satu kiper Manchester City terbaik yang pernah ada.

Tony Coton

6 Kiper Manchester City Terbaik Sepanjang Masa - Ada Mantan Tentara NAZI (manchestereveningnews.co.uk)

Penjaga gawang terbaik yang pernah bermain untuk Inggris, Tony Coton dibawa ke Maine Road oleh Howard Kendall ketika City membayar Watford hanya di bawah £ 1 juta untuk jasanya, menjadikannya salah satu penjaga gawang termahal di negara itu.

Coton dengan cepat memantapkan dirinya sebagai favorit penggemar dan membuat serangkaian penampilan yang menakjubkan, menempatkan City di tempat kelima di Divisi Pertama selama dua musim pertamanya. 

Coton tetap menjadi kiper pilihan pertama setelah Kendall pergi, di bawah manajer baru Peter Reid dan Brian Horton, tetapi kiper hebat itu pindah ke rival pada tahun 1995 ketika dia bergabung dengan United seharga £500.000.

Coton terkenal dalam insiden ketika ia diusir keluar lapangan dalam pertandingan melawan Derby County karena melakukan pelanggaran keras yang berujung langsung dikartu merah. Ia dianggap sengaja menjatuhkan Dean Saunders dengan City memimpin 1-0. 

Pada saat tidak ada kiper pengganti, penggantinya, Niall Quinn, mengenakan kaus kiper dan menyelamatkan penalti yang dihasilkan. Coton akan selalu dikenal sebagai kiper Manchester City terbaik yang pernah ada.

Frank Swift

6 Kiper Manchester City Terbaik Sepanjang Masa - Ada Mantan Tentara NAZI (manchestereveningnews.co.uk)

Frank Swift bergabung bersama City pada tahun 1933, dengan City menang dalam persaingan dari Blackpool, Blackburn, dan Bradford City. 

Swift mendapat kesempatan di Maine Road ketika pilihan pertama Len Langford cedera dan penggantinya, James Nicholls, juga absen. 

Swift menggantikan Nicholls dan meskipun kebobolan empat gol pada debutnya, ia bermain cemerlang pada laga berikutnya.

Swift adalah bagian dari skuad yang bermain di depan 84.569 penonton di Maine Road saat City mengalahkan Stoke 1-0 dalam perjalanan mereka untuk memenangkan Piala FA. Swift bermain di final melawan Portsmouth, yang dimenangkan City 2-1. 

Swift meringis di babak pertama, menyalahkan dirinya sendiri pada tujuan Portsmouth karena memilih untuk tidak memakai sarung tangan untuk pertandingan. Penjaga gawang pingsan saat peluit akhir dibunyikan, karena dia begitu kewalahan.

Swift memainkan 330 pertandingan sebagai kiper Manchester City antara tahun 1933 hingga 1949, dan setelah pensiun sebagai pemain sepak bola, ia menjadi jurnalis olahraga. 

Sayangnya, Frank Swift menjadi salah satu korban kecelakaan udara Munich pada Februari 1958, setelah meliput pertandingan kompetisi Eropa United di Red Star Belgrade.

Bert Trautmann

6 Kiper Manchester City Terbaik Sepanjang Masa - Ada Mantan Tentara NAZI (mancitysquare.com)

Bert Trautmann, yang dipuji sebagai salah satu kiper Manchester City terbaik yang pernah ada. Ia dibenci oleh penggemar pada awalnya. Hal itu karena Trautmann tentara NAZI bertugas sebagai penerjun payung dengan Luftwaffe selama Perang Dunia II. Dia ditangkap oleh Inggris menjelang akhir perang. 

Trautmann pindah ke kamp tawanan perang di Ashton-in-Makerfield, dan setelah perang berakhir, menolak tawaran repatriasi ke Jerman, dan memilih untuk menetap di Inggris.

Trautmann menandatangani kontrak untuk City pada tahun 1949, dan kedatangannya mendapat demonstrasi dari orang-orang yang marah tentang City yang merekrut mantan musuh Inggris. Serangkaian penampilan bagus akhirnya memenangkan hati penggemar dan membuat lebih dari 500 penampilan untuk City.

Penjaga gawang yang luar biasa ini bermain di final Piala FA 1955 dan 1956, di mana pada final pertama kalah dari Newcastle, tetapi memenangkan final kedua melawan Birmingham. Di pertandingan terakhir, Trautmann dengan berani melakukan blok tendangan Peter Murphy dalam jarak dekat yang membuatnya cedera. 

Trautmann melanjutkan permainan tetapi lehernya cedera, namun dia melakukan beberapa penyelamatan penting menjelang akhir pertandingan untuk memastikan City menang 3-1. Baru setelah pertandingan, Trautmann menyadari lehernya patah dalam laga itu dan terus bermain tanpa sepengetahuan itu.

Terlepas dari masa perangnya, Trautmann dianugerahi OBE kehormatan pada tahun 2004 karena mempromosikan pemahaman Anglo-Jerman melalui sepak bola.

Trautmann meninggal pada Juli 2013 pada usia 89 tahun, dan akan dikenal sebagai kiper Manchester City terbaik di Liga Inggris.

Joe Hart

6 Kiper Manchester City Terbaik Sepanjang Masa - Ada Mantan Tentara NAZI (Sky Sports)

Joe Hart memulai karir penjaga gawang nya dengan Shrewsbury Town, melakukan debutnya sehari setelah ulang tahunnya yang ke-17. Dia pindah ke tim utama untuk musim 2005/06 dan penampilannya menarik minat para raksasa Liga Premier, dan City menjadi salah satu kandidat potensial. 

Dia pindah ke City pada tahun 2006 dengan biaya sekitar £ 600.000, dan akan naik menjadi £ 1,5 juta tergantung pada penampilan. Hart mempertahankan clean sheet pada debutnya, dalam hasil imbang tanpa gol melawan Sheffield United.

Hart menghabiskan waktu dengan status pinjaman, tetapi pada tahun 2007 manajer Sven Goran-Eriksson menjadikannya kiper pilihan pertama tetapi kehilangan posisi itu ketika City yang dilatih Mark Hughes merekrut Shay Given dari Newcastle pada tahun 2009, dan sang kiper dipinjamkan ke Birmingham.

Namun, bos baru Roberto Mancini membawa Hart kembali ke starting line-up pada Agustus 2010, di mana kiper Manchester City itu memberikan performa terbaiknya pada pertandingan tersebut, mencegah kemenangan Spurs dan memastikan hasil imbang tanpa gol untuk the Citizens. 

Hart adalah bagian dari tim yang memenangkan Piala FA pada 2011, Liga Premier pada 2012 dan 2014 serta Piala Liga pada 2014 dan 2016. Hart melakukan debutnya di Inggris pada 2008 dan menjadi pemain nomor satu tim nasional, mendapatkan 75 caps.

Hart tak lagi menjadi kiper Manchester City ketika manajer baru Pep Guardiola mengubah gaya bermain yang dia inginkan di posisi penjaga gawang, dan Hart jelas tidak memenuhi kriteria itu, dan setelah beberapa kali dipinjamkan, Hart sekarang bersama klub Liga Utama Inggris, Burnley.

Ederson Moraes

6 Kiper Manchester City Terbaik Sepanjang Masa - Ada Mantan Tentara NAZI (eurosport.com)

Apabila kita berbicara mengenai kiper Manchester City terbaik sepanjang masa, maka nama 
Ederson Moraes layak untuk dimasukkan. 

Penjaga gawang asal Brasil itu bukan hanya gercep dalam menepis tendangan lawan, tapi juga punya kepercayaan diri yang tinggi dalam memainkan bola di areanya sendiri, tanpa melakukan blunder.

Ketangguhan penjaga gawang tim nasional Brasil tersebut membuatnya layak dimasukkan dalam daftar kiper Manchester City terbaik sepanjang masa.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow