7 Kapten Chelsea Paling Dikenang Sepanjang Sejarah

7 Kapten Chelsea Paling Dikenang Sepanjang Sejarah. Para pemain tersebut memiliki mental juara yang kuat, dan selalu menginspirasi rekan-rekannya

7 Kapten Chelsea Paling Dikenang Sepanjang Sejarah
7 Kapten Chelsea Paling Dikenang Sepanjang Sejarah (weaintgotnohistory.sbnation.com)

KAMPUSBOLA - 7 Kapten Chelsea Paling Dikenang Sepanjang Sejarah. Para pemain tersebut memiliki mental juara yang kuat, dan selalu menginspirasi rekan-rekannya untuk bangkit ketika tim tengah terpuruk.

Ada banyak kapten legendaris di Stamford Bridge, namun 7 pemain ini paling banyak dibicarakan, bahkan ketika mereka sudah pensiun sebagai pemain sepak bola. Hal itu karena mereka mampu membantu tim meraih trofi.

 7 Kapten Chelsea Paling Dikenang Yang Perlu Kamu Tahu

Terry Venables

7 Kapten Chelsea Paling Dikenang Sepanjang Sejarah (twitter Chelsea FC))

Setelah memenangkan FA Youth Cup berturut-turut bersama Chelsea pada tahun 1960 dan 1961, Venables menjadi gelandang muda dan kapten tim di bawah asuhan pelatih Tommy Docherty dan memimpin kemenangan trofi besar pertama klub melawan Leicester City di Final Piala Liga 1965. 

Baca Juga Daftar Skuad Pemain Chelsea 2021/2022

El Tel menjadi pencetak gol di pertandingan pertama ketika ia mengeksekusi penalti untuk memastikan kemenangan 3-2 di kandang, dan kemudian membantu 'Doherty's Diamonds' menyingkirkan The Foxes dengan hasil imbang 0-0 dalam pertandingan leg-2 di Filbert Street. Trofi kembali ke Stamford Bridge untuk pertama kalinya.

Ron Harris

7 Kapten Chelsea Paling Dikenang Sepanjang Sejarah (twitter Chelsea FC)

Harris mengambil alih jabatan kapten Chelsea ketika Venables pergi pada tahun 1966. Ron dikenal sebagai sosok yang kuat di barisan pertahanan, dengan tampil lugas, keras, dan tanpa kompromi. Sang pemain memainkan peran kunci dalam kesuksesan Piala FA pertama The Blues pada tahun 1970. 

'Chopper' memastikan gol penyeimbang di akhir laga dalam hasil imbang 2-2 melawan Leeds United di Wembley. Ia berhasil membuat pemain andalan lawan, Eddie Gray tidak berkutik dalam kemenangan 2-1 di pertandingan ulang. 

Baca Juga 4 Midfielders Chelsea Terbaik Sepanjang Masa - Ada Legenda Persib

Setahun kemudian ia juga menjadi kapten tim di kejuaraan Eropa pertama The Blues, ketika mereka mengalahkan Real Madrid untuk memenangkan Piala Winners 'Cup di partai final, tetapi kehilangan trofi ketiga dalam tiga tahun ketika mereka dikalahkan oleh Stoke City di Piala Liga 1972.

Dennis Wise

7 Kapten Chelsea Paling Dikenang Sepanjang Sejarah (weaintgotnohistory.sbnation.com)

Wise, meraih juara Piala FA bersama Wimbledon pada tahun 1988, sebelum pindah ke utara Sungai Thames dua tahun kemudian, dan menikmati sebelas musim yang produktif di Stamford Bridge. Ia merupakan kapten Chelsea yang menjadi motivator untuk rekan-rekannya.

Baca Juga 4 Defenders Chelsea Terbaik Sepanjang Masa - Nomor 1 Legenda Arsenal

Puncaknya, ia membantu The Blues memenangkan lima trofi dalam empat musim dari 1997 hingga 2000 ketika ia membawa timnya meraih kemenangan di dua Piala FA , Piala Liga, Piala Winners dan Piala Super. 

Gelandang yang dikenal bersemangat dan agresif ini memimpin lini tengah The Blues dan dinobatkan sebagai Man of the Match dalam kemenangan mereka di Piala Liga 1998 dan Piala FA 2000.

John Terry

7 Kapten Chelsea Paling Dikenang Sepanjang Sejarah (transfermarkt)

John Terry merupakan Kapten Chelsea yang paling banyak menikmati kesuksesan trofi domestik. Sang pemain meraih lima gelar Liga Premier. 

Selain itu, ia juga membawa tim yang bercokol di London Barat tersebut merebut empat Piala FA, dan tiga Piala Liga selama masa jabatannya sebagai kapten Chelsea. 

Meskipun ada banyak penampilan luar biasa, baik sebagai kapten, dan pemain, ia dikenang dalam penampilan yang luar biasa di final Piala Liga tahun 2005 dan 2015, ketika ia dinobatkan sebagai Man of the Match di kedua pertandingan itu, dan mencetak gol yang menentukan klub tersebut meraih juara. 

Pada final musim 2014/2015 tersebut ia mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur di babak pertama untuk memastikan kemenangan.

Frank Lampard

7 Kapten Chelsea Paling Dikenang Sepanjang Sejarah (transfermarkt)

Sebagai wakil kapten klub selama 10 musim, Lampard memenangkan beberapa trofi bersama Terry dan menggantikannya beberapa kali sebagai kapten Chelsea di lapangan. 

Dia mengambil alih ban kapten Chelsea saat mereka menang di final Piala Liga 2007 melawan Arsenal, setelah Terry keluar lapangan karena cedera di kepala. 

Dia juga menjadi kapten tim di final Liga Champions melawan Bayern Munich pada 2012 dan final Liga Europa melawan Benfica setahun kemudian ketika John Terry tidak dapat hadir karena skorsing dan cedera.

Gary Cahill

7 Kapten Chelsea Paling Dikenang Sepanjang Sejarah (weaintgotnohistory.sbnation.com)

Cahill menjadi kapten Chelsea ketika Terry meninggalkan klub pada 2017 dan bek tengah yang sudah lama mengabdi itu turut membantu tim meraih trofi di akhir musim setelah mengalahkan Manchester United 1-0 di final Piala FA. 

Meskipun waktu bermainnya berkurang secara signifikan pada musim berikutnya di bawah Maurizio Sarri, ia menyelesaikan waktunya bersama The Blues dengan memenangkan Liga Europa bersama Chelsea, di mana mereka menang 4-1 melawan Arsenal di Baku.

Cesar Azpilicueta

7 Kapten Chelsea Paling Dikenang Sepanjang Sejarah (twitter Chelsea FC)

Setelah menggantikan Cahill sebagai kapten Chelsea di lapangan untuk sebagian besar musim 2018/19, Azpi mengambil alih sebagai kapten klub pada tahun 2019, tetapi tidak meraih trofi apapun musim tersebut, setelah The Blues dikalahkan oleh Arsenal di final Piala FA. 

Namun, ia menebusnya di musim kompetisi berikutnya ketika The Blues menaklukkan kompetisi tertinggi Eropa untuk kedua kalinya, dengan kemenangan 1-0 atas Manchester City di final Liga Champions sebelum juga mengamankan Piala Super dengan mengalahkan Villarreal dalam kemenangan dramatis melalui adu tendangan penalti.