8 Bek Arsenal Terbaik Sepanjang Masa - Ada Yang Membelot Ke Chelsea

8 Bek Arsenal Terbaik Sepanjang Masa - Ada Yang Membelot Ke Chelsea. Para pemain tersebut telah mendedikasikan waktunya di klub dengan sangat baik

8 Bek Arsenal Terbaik Sepanjang Masa - Ada Yang Membelot Ke Chelsea
8 Bek Arsenal Terbaik Sepanjang Masa - Ada Yang Membelot Ke Chelsea (Mirror)

KAMPUSBOLA - 8 Bek Arsenal Terbaik Sepanjang Masa - Ada Yang Membelot Ke Chelsea. Para pemain tersebut telah mendedikasikan waktunya di klub dengan sangat baik, dan menjadi salah satu pemain kunci di masanya.

Siapa saja bek Arsenal terbaik sepanjang masa? Sebagai penikmat dan penggemar The Gunners, Kamu perlu mengetahui daftar pemain terbaik di lini belakang tersebut.

Baca Juga Daftar Skuad Pemain Arsenal

Inilah Bek Arsenal Terbaik Sepanjang Masa Yang Perlu Kamu Tahu

Pat Rice

8 Bek Arsenal Terbaik Sepanjang Masa - Ada Yang Membelot Ke Chelsea (Pinterset)

Pat Rice tidak lebih spesial seperti pemain lain dalam daftar ini, tapi dia pasti mendapat tempat karena berbagai alasan.

Dia membuat lebih dari 500 penampilan untuk The Gunners, serta mencetak 13 gol sebagai bek kanan. Pria itu memenangkan gelar ganda dengan menjuarai liga dan Piala FA di musim pertamanya sebagai pemain Arsenal.

Baca Juga 5 Kiper Arsenal Terbaik Sepanjang Masa

Dia dikenal karena permainannya di lapangan yang sangat konsisten. Rice mungkin bukan yang paling berbakat, tetapi kerja kerasnya ditunjukkan di lapangan.

Setelah pensiun pada tahun 1980, ia kembali ke klub untuk melayani sebagai pelatih muda dan asisten pelatih, dan pernah juga ditunjuk sebagai pelatih sementara.

Lee Dixon

8 Bek Arsenal Terbaik Sepanjang Masa - Ada Yang Membelot Ke Chelsea (eurosport.com)

Lee Dixon menempati urutan berikutnya dalam daftar penampilan bek Arsenal terbaik sepanjang masa. Dari 1988 hingga 2000, ia merupakan salah satu pemain terbaik Inggris di posisi bek kanan.

Dia mengirim umpan silang secara akurat ke kotak penalti lawan, serta melakukan back up di lini belakang tatkala lawan melakukan serangan balik. Mantan pemain Stoke City dan Burnley ini bukan sekadar pemain sayap tradisional dengan skill biasa-biasa saja.

Dixon mampu menggiring bola, mengoper dengan sangat baik dan bahkan mencetak gol-gol penting, di mana ia total mencetak 28 gol selama di Arsenal. Dia juga salah satu pemain Gunners paling sukses yang pernah bermain untuk tim.

Martin Keown

Nama lain dalam daftar Bek Arsenal paling terkenal. Dia adalah seorang legenda yang membela klub London Utara selama 9 tahun, dan membuat rekor jumlah penampilan untuk klub.

Keown punya kemampuan yang membedakannya dari pemain bertahan lainnya, di mana ia bisa mengintimidasi lawan dengan permainan keras tanpa pelanggaran. 

Hal itu memungkinkan dia untuk membuat striker lawan gentar dan gerogi, sehingga kehilangan bola. Kehadirannya yang kuat di lini belakang Arsenal memberi tim mentalitas pemenang untuk mengejar tiga gelar liga dan tiga Piala FA selama masa bermainnya di London.

Ashley Cole

8 Bek Arsenal Terbaik Sepanjang Masa - Ada Yang Membelot Ke Chelsea (Mirror)

Di saat peran bek sayap telah berubah seperti sekarang, Ashley Cole adalah seorang pionir di posisi tersebut selama di Arsenal.

Mantan pemain internasional Inggris itu menghabiskan 8 tahun bersama The Gunners dan merupakan pemain kunci di musim 2003/04 pada saat mereka meraih Invincible klub.

Dia salah satu pemain yang berpengaruh di skuad dengan bakat menyerang sebagai pemain bertahan. Akurasi kaki kiri Cole yang dikombinasikan dengan ritmenya di sayap kiri, sangat berbahaya dalam melakukan serangan balik dan sangat sulit untuk dimatikan lawan.

Baca Juga 5 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa

Sebelum pindah ke Chelsea untuk memancing kemarahan pendukung klub, pria Inggris itu mengumpulkan dua gelar liga dan tiga trofi Piala FA bersama Arsenal.

Uniknya, Ashley Cole justru membelot ke tim London lainnya pada musim panas 2006, yaitu ke Chelsea. Dan dia bermain tak kalah bagusnya di London Barat, seperti yang pernah ia lakukan di Arsenal.

Frank McLintock

Frank McLintock didatangkan dari Leicester City pada Oktober 1964 dengan harga £80.000. Dia membuat 314 penampilan di liga untuk Arsenal.

Pemain asal Skotlandia itu bermain sebagai pemain bek kiri dengan tujuan untuk selalu membantu ke depan untuk menyerang. 

Namun, pada musim 1969/70, saat The Gunners mengalami badai cedera pada sejumlah pemain kuncinya, McLintock diproyeksikan untuk tampil di lini tengah, di mana awalnya sangat mengecewakan.

Pelan-pelan dia mulai memainkan perannya dengan sangat baik di lini tengah. Ia kemudian memimpin tim untuk merebut gelar Inter-cities Fairs Cup 1970, dengan mengalahkan wakil Belgia, Anderlecht. 

McLintock mengambil alih sebagai kapten untuk memenangkan double winners untuk meraih juara Liga dan Piala FA pada musim berikutnya.

Dia mencetak gol penting di final piala FA melawan Liverpool untuk menyamakan kedudukan dan akhirnya memenangkan pertandingan.

Nigel Winterburn

8 Bek Arsenal Terbaik Sepanjang Masa - Ada Yang Membelot Ke Chelsea (arsenalarsenal.files.wordpress.com)

Bagi Ashley Cole, Nigel Winterburn adalah pemain terbaik di posisi bek kiri. Pemain asli Inggris yang terkenal di akhir 1980-an dan sepanjang 1990-an.

Winterburn mahir dalam bertahan dan membantu serangan. Dia mencetak 12 gol dalam 584 penampilan untuk Arsenal.

Meski diakui bakatnya oleh fans Gunners sebagai bek Arsenal terbaik di masanya, sang pemain hanya mencatatkan 2 caps untuk timnas Inggris. Dia telah memenangkan gelar liga tiga kali, Piala FA dua kali, Piala Liga, dan Eropa Cup dua kali.

Tony Adams

8 Bek Arsenal Terbaik Sepanjang Masa - Ada Yang Membelot Ke Chelsea (Goal.com)

Mr. Arsenal, seorang pemain dan legenda yang dianggap sebagai bek terbaik Arsenal dan kapten terbaik yang pernah bermain untuk klub ini.

Tak hanya hari-harinya bersama The Gunners yang dipenuhi trofi, ia juga sangat menginspirasi sebagai pesepakbola. Tony Adams telah menjadi sosok yang menginspirasi banyak orang dalam mengatasi kecanduan alkohol.

Pemain Inggris itu bermain dalam 668 pertandingan selama hampir 20 tahun, dan menghabiskan seluruh karirnya bersama klub London Utara itu.

Dia memimpin salah satu masa kejayaan Arsenal, mengoleksi empat gelar liga, tiga Piala FA, dua Piala Liga, dan Piala Winners Eropa.

Sol Campbell

8 Bek Arsenal Terbaik Sepanjang Masa - Ada Yang Membelot Ke Chelsea (Twitter)

Sol Campbell direkrut Arsenal pada musim panas 2001 dari tetangganya, Tottenham. Perpindahan tersebut sangat kontroversial, mengingat rivalitas panas kedua tim.

Campbell menjadi sosok yang sangat dibenci fans garis keras Tottenham Hotspurs. Namun ia tidak peduli. Ia tetap tampil mengesankan selama memakai jersey The Gunners, dan menjadi pemain penting di sektor pertahanan, menjadikannya salah satu bek Arsenal terbaik sepanjang masa.

Itulah 8 bek Arsenal terbaik sepanjang masa. Apakah Kamu punya pilihan lain?